Janji Alvin Faiz Audit Dana Az-Zikra Tak Kunjung Usai, Kini Digugat ke Pengadilan

 

MEGAH: Mesjid Az Zikra yang ada di kawasan Sentul - Foto Nett


HAIBANJAR.COM, JAKARTA- Pada 2021 muncul tuduhan yang menyeret nama Alvin Faiz soal dugaan penggelapan dana umat Az-Zikra. Di saat heboh tentang hal tersebut, Alvin Faiz memilih mundur dari Yayasan Az Zikra.


Kini, kisruh soal dugaan adanya penggelapan dana umat mencapai Rp 3 miliar kembali ramai. Hanny Kristianto yang juga sebagai sahabat mendiang Ustaz Arifin Ilham akhirnya melayangkan gugatan ke Pengadilan Negeri Cibinong terkait audit dana Yayasan Az Zikra.


"Jadi hari ini kita sudah resmi mendaftarkan permohonan pemeriksaan terhadap yayasan di Pengadilan Negeri Cibinong," kata Ariani Manadala Putri, kuasa hukum Hanny Kristianto, ditemui di kawasan Cibinong, Jawa Barat.


"Jadi perlu saya jelaskan, dalam hal ini kita bukan bentuknya laporan. Yang kita lakukan permohonan audit laporan keuangan terhadap satu entitas ekonomi yang dilakukan oleh akuntan publik, tapi mekanismenya harus melalui penetapan di pengadilan," tambah Ariani yang saat itu juga hadir bersama Hanny Kristianto atau yang akrab disapa Koh Hanny.


Dia menyebutkan tak ada yang aneh dalam gugatan tersebut. Menurutnya Yayasan Az Zikra mendapat sumbangan dari banyak pihak dan sangat diperlukan adanya audit.


"Kenapa kita mengajukan pemeriksaan, karena yayasan ini adalah satu entitias ekonomi yang menerima dana sumbangan dari masyarakat pemerintah yang nilainya kurang lebih Rp 500 juta, yang aset, atau kekayaan dari yayasan tersebut kurang lebih Rp 20 miliar," timpalnya Ariani lagi.


Permintaan audit ini memang sudah ramai dibicarakan pada 2021. Sampai akhirnya Yayasan Az Zikra melakukan perubahan struktur organisasi kepengurusan.


Sebelumnya Alvin Faiz dalam organisasi tersebut mempunyai kedudukan sebagai Ketua Dewan Pembina Yayasan Az Zikra. Setelah diubah pada 24 September 2021, Ketua Dewan Pembina Az Zikra digantikan oleh KH. Muhammad Abdul Syukur Yusuf.


Namun, tuntutan dilakukannya audit pascaperombakan struktur organisasi tak juga mengeluarkan hasil.


"Ketika satu yayasan tidak menjalankan kewajiban hukumnya karena wajib melakukan audit eksternal. Maka sebagai jamaah, donatur merasa perlulah untuk memohonkan pemeriksaan audit keuangan. Karena sebelum dimohonkan secara mekanisme hukum sudah dilakukan juga melalui para ulama, kemudian rapat para sesepuh. Menurut keterangan klien hanya dijanjikan, tapi sampai hari ini belum ada bentuk laporan akuntan publik," tegas Ariani.


Adanya gugatan permohonan dilakukan audit terhadap Yayasan Az Zikra, diyakini Koh Hanny dan tim pengacaranya tidak hanya untuk mengklarifikasi sebuah kecurigaan. Hal ini juga bisa dilakukan untuk evaluasi.


"Tapi ini tujuannya good governance untuk yayasan itu, supaya yayasan itu berkembang baik, donatur percaya, itu lebih baik. Kan kita dengar banyak polemik, tapi kita memang secara advokat tidak membicarakan polemik itu. Kita bicara fakta hukum. Jadi per hari ini tujuan kita sangat baik, sangat mulia, untuk membuat yayasan itu transparan mengenai laporan keuangan," jelas Ariani.


Setelah adanya perubahan struktur organisasi pada 2021, KH. Muhammad Abdul Syukur Yusuf, saat ini ditunjuk menjadi Ketua Dewan Pembina Az Zikra yang baru mengatakan lembaga akan tetap bertanggung jawab soal audit dana dari umat.


"Sebagai lembaga, kita bertanggung jawab soal itu. Maka pengurus yang ada dengan pengurus yayasan, dengan pengawas, pasti akan mengevaluasi. Pastinya kita akan menjaga amanah ini dengan sebaik-baiknya," kata KH. Muhammad Abdul Syukur Yusuf ditemui di kawasan kawasan Bukit Az Zikra, Sentul, Jawa Barat pada September 2021.


"Kita mengevaluasi apa yang sudah berjalan dan menyiapkan strategi ke depan. Kita mengedepankan profesionalisme, transparansi, dan accountable. Maka itu insyaallah akan kita laksanakan, tetap akan kita jalankan dan perencanaan," beber KH. Muhammad Abdul Syukur Yusuf.


Dalam struktur kepengurusan yang baru, nama Alvin Faiz dan Ameer Az Zikra tidak dimasukan. Untuk yang baru bergabung hanya ada ibunda dari almarhum Ustaz Arifin Ilham, Hj. Noorhayati, dan istri kedua almarhum, Rania Bawazier.


Anak-anak mendiang Ustaz Arifin Ilham tak dimasukan ke dalam struktur kepengurusan yang baru.


"Untuk sementara ini, kita dewan pembina, pengurus, pengawas, akan bermusyawarah. Insyaallah semua ada peranan dan bagiannya. Kita mengajak semua yang masuk di dalam adalah orang yang siap berjuang," tukasnya.(DetikHot/Ar)

Nama

Advertorial,6,Bisnis,7,Even,22,Fakta Unik,8,Gadget,66,Hai Komunitas,10,Hai Kuliner,12,Hai Lensa,1,Hai Wisata,8,Hiburan,88,Kampus,25,Politik,3,Ragam,71,Religi,4,Ruang Kita,28,Selebriti,42,Sport,36,Viral,322,
ltr
item
Hai Banjar: Janji Alvin Faiz Audit Dana Az-Zikra Tak Kunjung Usai, Kini Digugat ke Pengadilan
Janji Alvin Faiz Audit Dana Az-Zikra Tak Kunjung Usai, Kini Digugat ke Pengadilan
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg2FF9ZtzkVdwUw3USAynv-_jdW_Pa43IPYdWF11CrquTmHzCklfl8YqUkqjhihOsU2glBgZlfb5tSH4qsvzbiUnxa5Fa5P5izmTT56dAuUVeLWQy3RQ2qE9Ulg4Zb55J06AeRXDIlb2bnPIy2yyUoedIjfro7LnAa6E3tC7bXsnL_eIi2fQuZvffvK/w640-h428/Masjid-Adz-Dzikra-Sentul-3.jpeg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg2FF9ZtzkVdwUw3USAynv-_jdW_Pa43IPYdWF11CrquTmHzCklfl8YqUkqjhihOsU2glBgZlfb5tSH4qsvzbiUnxa5Fa5P5izmTT56dAuUVeLWQy3RQ2qE9Ulg4Zb55J06AeRXDIlb2bnPIy2yyUoedIjfro7LnAa6E3tC7bXsnL_eIi2fQuZvffvK/s72-w640-c-h428/Masjid-Adz-Dzikra-Sentul-3.jpeg
Hai Banjar
https://www.haibanjar.com/2022/09/janji-alvin-faiz-audit-dana-az-zikra.html
https://www.haibanjar.com/
https://www.haibanjar.com/
https://www.haibanjar.com/2022/09/janji-alvin-faiz-audit-dana-az-zikra.html
true
8251501849936893656
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content