Text to Search... About Author Email address... Submit Name Email Adress Message About Me page ##1## of ##2## Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sept Oct Nov Dec



10/newsticker/News/random

8/bigslider1/

404

Sorry, this page is not avalable
Home

3/block3/BERITA

5/carousel3/HAI LENSA

4/block4/ADVERTORIAL

3/block1/AKHIR PEKAN

5/carousel1/FAKTA UNIK

BERITA TERBARU

Guru Besar IPB Masuk Daftar Peneliti Paling Berpengaruh di Dunia

0

 

BERPENGARUH DI DUNIA: Kampus IPB -Foto Nett

HAIBANJAR.COM, JAKARTA - Prof Anuraga Jayanegara adalah salah satu Guru Besar Fakultas Peternakan IPB University. Namanya baru saja masuk daftar Top 2% Scientist in the World atau 2% Peneliti Paling Berpengaruh di Dunia tahun 2022.


Daftar ini dirilis Elsevier BV yang diperbarui tiap tahun. Hanya para peneliti yang aktif melakukan dan merilis hasil penelitian yang bisa masuk dalam daftar ini.


Ada banyak kriteria yang harus dipenuhi untuk bisa masuk dalam pemeringkatan ini. Elsevier BV menghitung lebih dari 100 ribu peneliti di seluruh dunia untuk dilakukan pemeringkatan.


Elsevier BV memberi informasi terstandarisasi atas sitasi, h-index, citation to paper in different authorship positions, co-authorship adjusted hm-index, dan composite indicator. Pemeringkatan ini juga berlandaskan pada c-score atau jumlah sitasi publikasi yang tidak termasuk sitasi oleh diri sendiri.


Hasil Kolaborasi dengan Mahasiswa dan Tim Riset

Prof Anuraga Jayanegara saat ini menduduki jabatan sebagai Ketua Departemen Ilmu Nutrisi dan Teknologi Pakan (INTP) Fakultas Peternakan. Atas capaiannya ini ia mengungkapkan rasa senang sekaligus syukur.


"Alhamdulillah, saya sangat bersyukur bisa menjadi Top 2 persen Scientists versi Stanford University yang berbasis pada sitasi ini," ucapnya sebagaimana dikutip dari laman resmi IPB (28/10/2022)


"Hasil ini bukan hanya karya pribadi, tapi hasil kolaborasi bersama dengan para mahasiswa bimbingan, kolega dosen dan peneliti serta grup riset AFENUE (Animal Feed and Nutrition Modelling Research Group) dan IPB University, sehingga dapat menghasilkan berbagai karya bersama yang berkualitas," tambah Prof Anuraga.


Mantan Lulusan Terbaik IPB


Prestasi ini bukanlah hal pertama bagi Prof Anuraga. Pasalnya, sejak masih duduk di bangku sekolah beberapa pencapaian sudah diraihnya.


Profesor kelahiran Bojonegoro, 2 Juni 1983 ini sudah mengikuti program akselerasi saat masih duduk di bangku SD.


Dikutip dari laman IPB, pada 1993, Prof Anuraga lulus SD dengan nilai NEM tertinggi. Demikian juga ketika lulus SMA di SMU Negeri 14 Bandung, namanya tercatat sebagai peraih NEM tertinggi.


Ketika lulus dari IPB di tahun 2003, Prof Anuraga menjadi lulusan terbaik IPB Bogor pada periode wisuda Juni 2003. Ia meraih IPK 3.92 dan lulus pada usia 19 tahun 11 bulan.


Saat ini, namanya Anuraga Jayanegara diikuti dengan deretan gelar Prof., Dr.sc ETH, S.Pt, PgDip, M.Sc, M.Pd.


Selain disibukkan dengan aktivitas mengajar, Prof Anuraga juga aktif dalam berbagai organisasi. Ia pun kerap diundang sebagai dosen tamu di beberapa negara seperti Jepang, Belgia hingga Swiss. (detik.com/Gun)