Text to Search... About Author Email address... Submit Name Email Adress Message About Me page ##1## of ##2## Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sept Oct Nov Dec



10/newsticker/News/random

8/bigslider1/

404

Sorry, this page is not avalable
Home

3/block3/BERITA

5/carousel3/HAI LENSA

4/block4/ADVERTORIAL

3/block1/AKHIR PEKAN

5/carousel1/FAKTA UNIK

BERITA TERBARU

Mengenal 3 Jalur Prestasi UGM 2024 PBU dan Ketentuannya

0

 

DEPAN: Tampak depan Kampus Universitas Gadjah Mada - Foto Dok Nett

HAIBANJAR.COM, JAKARTA- Universitas Gadjah Mada menyediakan 3.720 kursi mahasiswa baru jalur seleksi mandiri 2024. Jalur ini terbagi dua, yakni jalur Ujian Masuk UGM Penelusuran Bibit Unggul (UM UGM PBU) dan UM UGM Computer Based Test (CBT).


"Untuk PBU ada 3 (tiga) yaitu Penelusuran Bibit Unggul Tidak mampu (PBUTM), Penelusuran Bibit Unggul Berprestasi (PBUB) serta jalur Penelusuran Bibit Unggul Afirmasi dan Daerah 3T Tridharma UGM," kata Wakil Rektor Bidang Pendidikan dan Pengajaran UGM Prof Dr Wening Udasmoro SS MHum PhD, dikutip dari laman resmi kampus, Jumat (19/1/2024).


Jalur PBU UGM 2024

Wening menjelaskan, jalur Penelusuran Bibit Unggul Tidak Mampu (PBUTM) merupakan salah satu jalur masuk UGM bagi calon mahasiswa dengan keterbatasan ekonomi. Sementara itu, jalur PBU Afirmasi dan Daerah 3T diperuntukkan bagi calon mahasiswa berprestasi dari Daerah Afirmasi dan Daerah Tertinggal, Terdepan, atau Terluar (3T) yang menjadi wilayah kegiatan Tridharma UGM.


Sedangkan PBUB diperuntukkan bagi siswa pemenang atau juara lomba di bidang olahraga, seni, serta ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek).


"Perlu kami sampaikan untuk meluruskan informasi yang beredar, UGM tidak membuka jalur untuk pendaftaran siswa hafidz Al-Qur'an, tetapi bagi mereka yang juara Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) dapat digunakan untuk mendaftar jalur PBUB Seni," jelas Wening.


Prestasi untuk Daftar PBUB UGM 2024

Jalur PBUB dibuka bagi siswa yang punya prestasi tingkat internasional, nasional dan provinsi dalam kompetisi iptek, seni, dan olahraga.


Wening menjelaskan, contoh prestasi bidang seni yang dapat didaftarkan yaitu juara bidang fotografi, marching band, MTQ, pesparawi atau lomba keagamaan sejenis, dan orkestra atau seni musik. Siswa dengan prestasi paduan suara atau seni suara, seni tari dan karawitan, hingga wiraswara atau sinden juga bisa mendaftar PBUB UGM 2024.


"Juara lomba seni tidak mesti harus juara satu, bisa juara 2 hingga juara kelima untuk kejuaraan seni tingkat internasional atau pernah mengikuti pementasan atau kegiatan tingkat internasional yang direkomendasi oleh Dewan Kesenian Daerah atau lembaga yang berwenang," jelasnya.


Aturan berbeda diterapkan bagi pemilik prestasi dari kejuaraan tingkat nasional. Wening menjelaskan PBUB membuka pendaftaran bagi peraih juara 1-3 Pekan Olahraga dan Seni (PORSENI), Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLSN), Festival Literasi Siswa Indonesia (FeLSI), lomba MTQ atau Pesparawi, atau lomba keagamaan sejenis tingkat nasional.


Bagi pemilik prestasi tingkat provinsi, PBUB UGM 2024 menerima pendaftaran siswa dengan prestasi juara 1-2 dari pekan olahraga dan seni, festival literasi, MTQ/Pesparawi, atau lomba keagamaan sejenis tingkat provinsi.


PBUTM 2024

Direktur Pendidikan dan Pengajaran UGM Gandes Retno Rahayu mengatakan, bagi peminat PBUTM disyaratkan memiliki atau mendaftar Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah yang tercatat di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial RI.


Lebih lanjut, pendaftar jalur ini disyaratkan memiliki pendapatan kotor gabungan orang tua/wali maksimal Rp 4 juta per bulan atau pendapatan kotor dibagi jumlah anggota keluarga maksimal Rp 750 ribu per bulan. Pendidikan wali penanggung/orang tua maksimal sarjana atau sarjana terapan.


Pendaftar PBUTM juga disyaratkan merupakan lulusan tahun berjalan (2024), 25 persen terbaik di kelas, memiliki nilai minimal sama dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) untuk semua mata pelajaran semester 1-5, dan memiliki sertifikat kejuaraan provinsi, nasional, atau internasional, maupun yang diselenggarakan UGM. Gandes menjelaskan, para siswa kemudian direkomendasikan sekolahnya.


Sementara bagi peminat jalur PBU Afirmasi dan Daerah 3T, Gandes mengatakan pihak kampus akan segera mengunggah daftar daerah dan syaratnya.


"Diharapkan sesuai dengan yang diunggulkan, yang akan dibangun di daerah tersebut. Tentunya, siswa juga memiliki nilai ketuntasan yang sama, peringkat 25% terbaik, memiliki sertifikat kejuaraan tertentu" jelasnya dalam siaran YouTube UGM.


"Khusus yang ini, akan ada wawancara. Dan kalau perlu matrikulasi, bersedia untuk matrikulasi," imbuhnya.(detik.com/ar)