Melejitkan Karir Dengan Menjaga “R”

 

PENTING: Reputasi sangatlah diperlukan dalam menggapai kesuksesan - Foto Nett


KARIR dalam setiap kehidupan manusia, merupakan sebuah hal yang senantiasa harus diperjuangkan agar dapat terus menanjak kedepannya.


Bahkan tak jarang manusia rela mengeluarkan tenaga, waktu hingga pikiran agar bisa mencapai karir yang prestisius bagi dirinya untuk dapat diakui oleh orang lain.


Misalnya, jika ingin karir mentereng di sebuah perusahaan, kita dituntut untuk memberikan tenaga, waktu dan pemikiran yang lebih bagi perusahaan. Jika tenaga dan pemikiran yang diberikan itu bisa sukses memberikan kontribusi positif bagi perusahaan, maka perusahaan pun akan memberikan timbal balik dengan menaikkan karir kita dengan memberikan jabatan yang dibarengi dengan gajih dan fasilitas yang lebih baik.


Lalu contoh lainnya di dunia usaha, jika ingin karir bisnis mentereng, tak jarang kita harus berjibaku memporsir tenaga, waktu dan pikiran agar usaha yang dirintis bisa berkembang dan menghasilkan omset yang diharapkan. Ujungnya jika usaha berkembang dan omset usaha sudah menjanjikan, karir kita dipandang sukses dan diakui oleh teman pengusaha lainnya maupun masyarakat.


Namun apakah untuk mensukseskan karir kita butuhkan memberikan tiga hal tadi? Memang benar, namun menurut saya jika kita ingin karir lebih melejit, tambahkan lah satu hal lagi yang harus ada, yakni menjaga ‘R’ dalam diri.


‘R’ ini sendiri menurut saya cukup spesial perannya, bahkan jika tidak ditambahkan dalam proses pencapaian karir, maka karir yang akan dirintis akan sulit berkembang pesat, cenderung stagnan lalu malah turun kemudian.


Bahkan saya meyakini ‘R’ inilah nantinya yang membuka banyak kesempatan dengan orang lain untuk membantu kita melejitkan karir lebih dari yang kita bayangkan sebelumnya.  Misalnya karena kita memiliki modal ‘R’ yang mumpuni, dalam dunia pekerjaan kita banyak diberikan kesempatan oleh atasan untuk mendapatkan porsi pekerjaan yang perannya lebih besar di perusahaan. Ini kan tentu dapat membuka peluang kenaikan pangkat dimasa depan.


Contoh lainnya di dunia usaha, dengan seseorang memiliki modal 'R' yang mumpuni, kita bisa dengan mudah meyakinkan orang lain untuk meminjamkan modal usaha, agar produk maupun jasa yang diproduksi bisa lebih baik kuantitas maupun kualitasnya untuk mendorong bisnis yang dirintisnya bisa berkembang. Tak hanya itu dengan modal ‘R’ yang mumpuni kita pun juga dapat lebih mudah menjual berbagai produk ataupun jasa yang dimiliki kepada keluarga, teman bahkan orang lain.


Lantas apakah arti ‘R’ ini sendiri? Jawabannya adalah ‘Reputasi’. Ya reputasi menurut saya merupakan modal strategis yang harus dimiliki setiap individu jika ingin melejitkan karir yang mereka rintis sekarang di masa depan.


Membentuk sebuah reputasi itu mudah, namun menjaganya itu yang sulit. Bahkan hanya gara-gara kesalahan atau dusta satu kali saja, reputasi yang dibangun bertahun-tahun bisa hancur seketika. Ujungnya tak ada lagi orang yang percaya kepada Anda, jika sudah tak percaya pastilah banyak sekali kesempatan emas yang Anda tutup sendiri pintunya karena Anda tak memiliki reputasi yang mumpuni lagi.


Misalnya jika sudah memiliki reputasi yang buruk, sebagai pekerja kita akan sulit dipercaya oleh atasan untuk memegang pekerjaan yang strategis. Bahkan malah lebih buruknya Anda akan dipecat dari perusahaan. Lalu contoh lainnya dalam dunia usaha, jika memiliki reputasi buruk kita akan sulit mendapatkan modal usaha dari investor dalam mengembangkan usaha. Bahkan saat menjual produk ataupun jasa yang kita buat pun, orang akan sulit mempercayai produk atau jasa itu memang bagus, karena berkaca pada pengalaman sebelumnya mereka pernah dikecewakan oleh Anda.


Karena itulah saya sarankan janganlah Anda mengorbankan kesenangan ataupun nikmat sesaat, namun ujungnya bisa meruntuhkan reputasi Anda dimata orang lain. Karena reputasi itu jika sudah runtuh tak bisa dibangun lagi. Kalau pun bisa tetaplah menimbulkan bekas yang masih sulit diterima oleh orang lain.


Jagalah reputasi mu kawan, maka seketika itulah melejit karir mu!















Penulis: H Deddy Subiantoro - Owner Tropis Group

Facebook/Instagram - Deddy Subiantoro/dedy_sknett


Nama

Advertorial,6,Bisnis,7,Even,22,Fakta Unik,8,Gadget,66,Hai Komunitas,10,Hai Kuliner,12,Hai Lensa,1,Hai Wisata,8,Hiburan,88,Kampus,25,Politik,3,Ragam,71,Religi,4,Ruang Kita,28,Selebriti,42,Sport,36,Viral,322,
ltr
item
Hai Banjar: Melejitkan Karir Dengan Menjaga “R”
Melejitkan Karir Dengan Menjaga “R”
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjtf9bpOQsl3FpZ-97k6myaeWkvuvy0p2EpnKJxycdzZnOUUVJEbUffNd-BRn-SwYnQp7qog4JYJmf5zKr3MIGkEmngULXlthD-3eutlmjCFVt5_KXQ25jAsVLKExXU20JcJa7myy-ZE3oQ-6dX7JALTkHVTqIkacY6jivMyr9bokwP_I3PcNukqpMt/w640-h470/Foto%2031.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjtf9bpOQsl3FpZ-97k6myaeWkvuvy0p2EpnKJxycdzZnOUUVJEbUffNd-BRn-SwYnQp7qog4JYJmf5zKr3MIGkEmngULXlthD-3eutlmjCFVt5_KXQ25jAsVLKExXU20JcJa7myy-ZE3oQ-6dX7JALTkHVTqIkacY6jivMyr9bokwP_I3PcNukqpMt/s72-w640-c-h470/Foto%2031.jpg
Hai Banjar
https://www.haibanjar.com/2022/05/melejitkan-karir-dengan-menjaga-r.html
https://www.haibanjar.com/
https://www.haibanjar.com/
https://www.haibanjar.com/2022/05/melejitkan-karir-dengan-menjaga-r.html
true
8251501849936893656
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content