Banner-Hai-Banjar

Pulau Kadidiri, Pulau Perawan Yang Kaya Biota Laut

 

ALAMI: Wisata Pulau Kadidiri di Provinsi Sulawesi Tengah - Foto Nett


SELAMA ini yang terkenal dari Pulau Sulawesi di kalangan wisatawan adalah kota Makassar yang terletak di Provinsi Sulawesi Selatan. Tetapi siapa sangka kalau Provinsi Sulawesi Tengah juga memiliki potensi wisata yang tidak kalah menarik. Provinsi yang beribukota Palu ini memiliki lokasi wisata yang justru lebih terkenal dikalangan wisatawan asing dibandingkan wisatawan domestik. Tempat wisata tersebut adalah Pulau Kadidiri.


Pulau Kadidiri berlokasi dalam kawasan Taman Nasional Kepulauan Togean, yang terletak di Teluk Tomini, Provinsi Sulawesi Tengah. Lokasi dari pulau ini sangat jauh dari kota besar. Kamu membutuhkan waktu tempuh sekitar 3-6 jam perjalanan dengan kapal laut dari Kota Ampana, kemudian dilanjutkan dengan perjalanan sekitar 30 menit lagi dari Wakai ke Pulau Kadidiri.


Untuk mencapai Pulau Kadidiri, kamu juga harus menempuh perjalanan dengan perahu melalui rute dari dermaga di Ampana, ibukota Kabupaten Tojo Una-Una menuju Pulau Wakai – Bomba – Kadidiri. Tarif yang harus dibayar antara Rp30.000 – 50.000 setiap orangnya dengan waktu tempuh sekitar 5-6 jam.


Atau dari dermaga di Ampana, kamu juga bisa mengendarai kapal feri dengan tujuan Gorontalo, kemudian transit di Pulau Wakai. Lama perjalanan dari Gorontalo ke Pulau Wakai sekitar 8 jam. Sesampainya di Pulau Wakai, bisa  menyewa perahu atau speedboat untuk mencapai Pulau Kadidiri dengan perjalanan ini memakan waktu satu jam. Sayangnya feri ini hanya akan beroperasi pada hari Rabu saja.


Bagi kamu yang melakukan penerbangan hingga Kota Makassar, perjalanan menuju kota Ampana dapat ditempuh sekitar 14 jam melalui darat. Setelah itu, perjalanan menuju Pulau Kadidiri sekitar 30 menit menggunakan speedboat.


Di Pulau Kadidiri kamu tidak perlu khawatir jika ingin menghabiskan waktu lama. Karena disini tersedia banyak sekali resor dan penginapan dengan berbagai tipe. Tarif dari masing-masing penginapan dan cottage ini pun berbeda-beda, tegantung dari fasilitas yang ditawarkan.


TENANG: Penginapan yang ada di Pulau Kadidiri - Foto Nett 


Kemudian jika ingin menginap di cottage dengan harga terjangkau, bisa mencoba Black Marlin Cottage dengan harga sewa Rp200.000 permalamnya. Cottage ini terbuat dari kayu dengan fasilitas makan hingga tiga kali sehari. Cottage ini sangat nyaman, terlebih bagi Anda yang ingin merasakan suasana yang lebih alami.


Sedangkan bagi kamu yang ingin merasakan menginap di tempat yang lebih mewah, Kadidiri Paradise Resort adalah penginapan yang dapat Anda jadikan pilihan. Resort ini memiliki dek yang dapat dijadikan sebagai tempat untuk menikmati keindahan menawan dari Pulau Kadidiri.


Pulau Kadidiri sendiri kaya akan biota laut, sehingga menjadi destinasi yang cocok bagi kamu pecinta aktivitas air. Selain Bunaken, pulau ini adalah lokasi yang tepat untuk menikmati keindahan biota laut di Sulawesi. Beberapa aktivitas yang dapat Anda lakukan di sini antara lain berlayar, menyelam, snorkeling, memancing, trekking hutan tropis, dan berjemur di tepi pantai.


SNORKLING: Wisatawan lokal saat melakukan aktivitas snorkling di Pulau Kadidiri - Foto Nett

Karena pulau ini masih alami, kamu bahkan bisa menikmati terumbu karang di sini dengan mata telanjang, tanpa harus snorkeling atau diving. Cukup berjalan sejauh lima meter dari tepi pantai untuk menikmati keindahan bawah laut dengan mata telanjang. Air laut di sini sebening kristal dengan pasir putih nan lembut. Selain terumbu karang, kamu juga bisa melihat ikan berbagai warna saling berkejaran, penyu, hiu, dan biota laut lainnya.


Untuk mendapatkan spot-spot terbaik snorkeling atau diving, kamu bisa menyewa speedboat yang akan mengantar menemukan spot-spot terbaik menikmati biota laut. Harga sewa speedboat ini berkisar antara Rp300.000 - Rp500.000 Rupiah per harinya. Jika ingin mendapat harga lebih murah, bisa mencoba sharing dengan wisatawan lain.


Salah satu spot diving yang harus kamu kunjungi adalah puing pesawat B 24, yang merupakan pesawat bekas Perang Dunia II. Untuk menemukan spot ini, bisa berkendara dengan speedboat sejauh 16 km ke arah timur laut Pulau Kadidiri. Puing-puing pesawat ini merupakan rumah bagi beragam terumbu karang berusia puluhan tahun. Pasti akan menjadi pengalaman yang mengesankan menjelajah bangkai pesawat bersejarah ini.


MEMANCING: Wisatawan lokal saat memancing di Pulau Kadidiri - Foto Nett

Lalu bagi yang ingin melakukan kegiatan memancing, kamu bisa minta guide untuk menemani ke lokasi pemancingan, di daerah Kundurang. Kundurang adalah lokasi yang sudah terkenal sebagai spot pemancingan ikan laut terbaik di pulau ini. Sambil memancing, disini bisa menikmati pemandangan indah batu-batu karang di dalam laut nan jernih. Spot ini juga terkenal dengan keindahan gradasi warna air lautnya yang memikat.


FOTO BERSAMA: Wisatawan lokal saat melakukan trekking di hutan tropis Kadidiri - Foto Nett

Sedangkan bagi kamu yang lebih menyukai pemandangan hijau hutan, bisa melakukan trekking atau legiatan berjalan kaki menjalajah hutan tropis di pulau ini. Trekking di hutan tropis Kadidiri tentu akan menjadi kegiatan yang menyenangkan, karena tumbuhan di dalamnya sangat beragam. Pastikan untuk membawa kamera saat melakukan kegiatan ini, karena selain flora yang beragam, kamu akan menemukan banyak sekali jenis burung yang bertengger cantik di ujung dahan pepohonan.(nett/ar)


Nama

Advertorial,7,Bisnis,6,Even,16,Fakta Unik,4,Gadget,8,Hai Komunitas,5,Hai Kuliner,6,Hai Lensa,1,Hai Wisata,8,Hiburan,15,Kampus,12,Politik,4,Ragam,25,Religi,3,Ruang Kita,28,Selebriti,6,Sport,7,Viral,83,
ltr
item
Hai Banjar: Pulau Kadidiri, Pulau Perawan Yang Kaya Biota Laut
Pulau Kadidiri, Pulau Perawan Yang Kaya Biota Laut
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjfKk1hx9KU0jfFrNdSqo2UltgCxObqGffGbx1wMXR5uuKusxa6Mk2JNtX-NEhnsuB3XuZ7XcaJQ3j0rLYyz3YCekKz6zzjygSCmLH7J1m8DpKBL9E5ELcZMVGWDfyEemTH50aUf2PMqlQ/s1200/004.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjfKk1hx9KU0jfFrNdSqo2UltgCxObqGffGbx1wMXR5uuKusxa6Mk2JNtX-NEhnsuB3XuZ7XcaJQ3j0rLYyz3YCekKz6zzjygSCmLH7J1m8DpKBL9E5ELcZMVGWDfyEemTH50aUf2PMqlQ/s72-c/004.jpg
Hai Banjar
https://www.haibanjar.com/2016/07/pulau-kadidiri-pulau-perawan-yang-kaya.html
https://www.haibanjar.com/
https://www.haibanjar.com/
https://www.haibanjar.com/2016/07/pulau-kadidiri-pulau-perawan-yang-kaya.html
true
8251501849936893656
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All REKOMENDASI LABEL ARCHIVE Pencarian ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content