Banner-Hai-Banjar

Menikmati Keindahan Kota Samarinda Dari Atas di Puncak Dabo

 

SELFIE: Disediakan spot selfie di wisata Puncak Dabo Samarinda - Foto Nett


APABILA ingin foto-foto sambil menikmati pemandangan matahari terbenam yang menyelesaikan tugasnya menyinari Kota Samarinda, Puncak Dabo merupakan pilihan yang tepat.


Selain berfoto-foto di sejumlah spot kekinian dan menikmati pemandangan, wisatawan juga bisa santai sejenak di gazebo atau berkaraoke ria bersama teman-teman.


Puncak Dabo sendiri berlokasi di Jalan Damai nomor 34, Sidodamai, Kecamatan Samarinda Ilir, Kota Samarinda, Provinsi Kalimantan Timur.


Untuk menuju ke sana, kamu bisa memulai perjalanan dari area Jembatan Mahkota 2 di Jalan Kapten Soedjono. Jarak dari area Jembatan Mahkota 2 menuju Puncak Dabo adalah 4,4 kilometer atau sekitar 13 menit menggunakan mobil.


Dari area jembatan, kamu hanya perlu berjalan lurus di sepanjang di Jalan Kapten Soedjono. Kemudian melewati SPBU dan tiba di Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas II Samarinda. KKP tersebut terletak dekat dengan perempatan. Ambil belokan ke arah kiri menuju Jalan Sejati dan melewati sejumlah tempat makan.


Tetap berjalan lurus hingga tiba di pertigaan yang mana di sisi kiri jalur terdapat Kelurahan Selili. Dari sana ambil belokan ke arah Kanan di sepanjang Jalan Sultan Alimuddin.


Kamu hanya perlu berjalan lurus mengikuti jalur utama yang cukup berliku hingga menemui Planet Ban Otista Samarinda di sisi kiri jalur, tepatnya di Jalan Otto Iskandardinata Nomor 4, Sidodamai, Kecamatan Samarinda Ilir. Jarak dari Kelurahan Selili hingga akhirnya tiba di Planet Ban Otista Samarinda adalah 1,7 km atau sekitar enam menit.


Tempat tersebut berada dekat belokan ke arah kanan. Ambil belokan tersebut dan tetap berjalan lurus di sepanjang Jalan Damai melewati Mushalla Al-Hamid. Tempat ibadah yang berada di sisi kiri jalur hanya berjarak 67 meter dari Puncak Dabo yang terletak di sisi kanan jalur. Jika bingung, kamu bisa bertanya kepada warga sekitar untuk diarahkan ke tempat wisata tersebut.


ROMANTIS: Menikmati keindahan wisata Puncak Dabo di Samarinda - Foto Nett


Rute menuju Puncak Dabo via Taman Samarendah

Untuk menuju Puncak Dabo, kamu juga bisa memulai perjalanan dari Taman Samarendah yang terletak di Jalan Bhayangkara, Bugis, Kecamatan Samarinda Kota. Jarak tempuh untuk menuju ke tempat wisata adalah 3,4 km atau sekitar 13 menit naik mobil.


Dari taman, kamu bisa ambil jalur menuju Jalan Basuki Rahmat melewati Hotel Grand Sawit dan Rumah Sakit Bhakti Nugraha.


Tetap berjalan lurus pada jalur utama hingga menemui pecahan jalur yang cukup rumit. Ambil belokan ke arah kanan melintasi Jalan KH Abdul Hassan melewati Kampus 1 Institut Agama Islam Negeri Samarinda.


Tidak jauh dari kampus tersebut adalah Hotel Grand Kartika yang terletak dekat dengan perempatan. Pada perempatan tersebut, belok ke arah kiri hingga melewati SPBU di sisi kiri jalur.


Lanjutkan perjalanan dan tetap berjalan lurus hingga melintasi Jembatan Sungai Dama dan tiba di Planet Ban Otista Samarinda yang berada di sisi kanan jalur, tepatnya dekat dengan pertigaan.


Jalur selanjutnya yang akan ditempuh dari tempat tersebut sama seperti jalur menuju Puncak Dabo jika memulai perjalanan dari area Jembatan Mahkota 2.


Harga Tiket Masuk Puncak Dabo

Puncak Dabo buka setiap hari pukul 16.00-23.00 pada Senin-Jumat dan pukul 09.00-24.00 WIB pada Sabtu-Minggu. Harga tiket masuknya adalah Rp10.000 per orang.


TEMPAT SANTAI: Aneka camilan dan minuman dengan harga terjangkau di jual di tempat wisata Puncak Dabo - Foto Nett


Jika lapar, tempat wisata tersebut memiliki warung kopi yang menyedia mi goreng atau rebus, berbagai makanan ringan termasuk kripik, serta kopi mocachino, kopi luwak, kopi hitam, teh, es jeruk, dan susu dengan kisaran harga mulai dari Rp5.000.


Di sana juga tersedia jasa fotografer yang dapat disewa seharga Rp5.000 per foto jika foto diambil dengan kamera DSLR dan Rp 3.000/foto jika menggunakan HP.


Pada masa pandemi seperti saat ini, pastikan saat berkunjung tetap melakukan protokol kesehatan pencegahan Covid-19, yaitu memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, dan tidak bepergian jika demam atau suhu tubuh di atas 37,3 derajat Celsius.


Puncak Dabo sendiri sudah ada dari sekitar tahun 2008-2009 lalu.(kompas/ar)


Nama

Advertorial,7,Bisnis,6,Even,16,Fakta Unik,4,Gadget,8,Hai Komunitas,5,Hai Kuliner,6,Hai Lensa,1,Hai Wisata,8,Hiburan,15,Kampus,12,Politik,4,Ragam,25,Religi,3,Ruang Kita,28,Selebriti,6,Sport,7,Viral,83,
ltr
item
Hai Banjar: Menikmati Keindahan Kota Samarinda Dari Atas di Puncak Dabo
Menikmati Keindahan Kota Samarinda Dari Atas di Puncak Dabo
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgIMfdXJzBiEd_WX6G8NEA3y0ef9XO4UvDrMws3LpK8otWc67ESzyCEVu3urymO9onGcHr-wcLuPShJC1b2rF9vmJW6Zih0cBAEczkOzOEbEaxg9zpf7gAajLuOwOqoYOSp9aYi6u_dnw0/s1200/img_20200809_175927.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgIMfdXJzBiEd_WX6G8NEA3y0ef9XO4UvDrMws3LpK8otWc67ESzyCEVu3urymO9onGcHr-wcLuPShJC1b2rF9vmJW6Zih0cBAEczkOzOEbEaxg9zpf7gAajLuOwOqoYOSp9aYi6u_dnw0/s72-c/img_20200809_175927.jpg
Hai Banjar
https://www.haibanjar.com/2021/08/menikmati-keindahan-kota-samarinda-dari.html
https://www.haibanjar.com/
https://www.haibanjar.com/
https://www.haibanjar.com/2021/08/menikmati-keindahan-kota-samarinda-dari.html
true
8251501849936893656
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All REKOMENDASI LABEL ARCHIVE Pencarian ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content