Usaha Tambah Lengkap Jika Ditambah Doa

 

BERDOA: Lengkaplah ikhtiar usaha kita jika dibarengi dengan doa - Foto Nett


ANDA pernah memasak menu sop ayam? Atau kalau tak pernah buat, minimal paling tidak tahulah bahan-bahannya apa saja untuk membuatnya.


Bahan untuk membuatnya sendiri setahu saya cukup banyak, seperti daging ayam potong, wortel, kentang, bawang daun polong, tomat, kacang buncis kol, garam dapur, gula pasir, air, bawang merah, bawang putih hingga kemiri sangrai. Semua bahan tersebut tentunya tetap takkan menghasilkan menu sop ayam yang lezat jika tak dilengkapi dengan penyedap rasa.


Nah analogi ini juga berlaku dalam bisnis yang akan kita jalankan. Walau kita memiliki seluruh sumber daya yang mumpuni, baik itu modal, SDM, peralatan, jaringan hingga informasi. Tetaplah kurang lengkap keoptimisannya untuk bisa memenangkan persaingan jika tidak dibarengi dengan doa.


Pernah ada salah satu teman nyeletuk kepada saya, kenapa harus berdoa lagi, jika semua persiapan untuk menjalankan bisnis sudah sangatlah matang. Menurut dia, dengan persiapan matang itu tentunya hampir dipastikan bisnis yang dijalankan akan berjalan mulus.


Saya pun menjawab, kalau Tuhan tak mengijinkan untuk mulus walaupun persiapannya super matang kamu mau apa? Kan dia yang memutuskan segalanya. Kita ini cuma mengusahakannya saja dengan persiapan dan kerja keras, sedangkan untuk hasil akhir tetap harus dipasrahkan padaNya. Karena itulah doa itu penting, agar ia bisa memberikan jalan bagi kita untuk meraih apa yang kita inginkan tersebut.


Bagi saya pribadi doa adalah sebuah penyempurna usaha, ini tentunya harus selalu dibawa dan jangan pernah ditinggal saat kita sedang mengusahakan sesuatu hal, apalagi saat menjalankan bisnis.


Pengalaman pribadi saya, dengan mengikutkan doa dalam setiap langkah menjalankan bisnis, sering kali segala urusan yang saya lakukan tiba-tiba dimudahkan saja, padahal kalau dipikir secara akal tentunya kemudahan ini sulit diterima.


Pernah suatu waktu, saat itu kurang dari beberapa hari lagi saya harus menyediakan uang hingga miliaran rupiah untuk gajih pegawai outsoursing yang ada dibawah usaha Tropis Group, namun hingga jelang waktunya saya masih kekurangan uang hingga ratusan juta rupiah. Padahal saya pun sudah mengusahakan mencarinya dengan maksimal, baik menggadai aset sementara waktu hingga minta bantuan dengan beberapa keluarga terdekat, namun tetaplah tak nutup juga.


Saya teringat akan mukzizat doa ini, saya pun lantas langsung sesegera mungkin berwudhu untuk segera menjalankan sholat tahajjud. Saat sholat itulah saya berdoa dengan sekhusyuk-khusyuknya memohon pertolongan pada Tuhan untuk diberikan jalan keluar akan masalah yang sedang saya alami ini. Saya pun berusaha sungguh-sungguh mempercayai bahwa Tuhan selalu punya cara untuk menyelesaikannya.


Alhamdulillah, dengan terus mempercayai dan memanjatkan doa saat menunaikan sholat hingga dikesempatan rehat, doa itu pun terjawab satu hari jelang pembayaran gajih pegawai. Tiba-tiba saja keuangan saya melapor bahwa ada beberapa mitra yang sebelumnya cukup susah saat ditagih hutang mereka, tak ada angin tak ada hujan hari itu langsung membayar lunas tagihan mereka. Berkah ini pun makin terasa lengkap, karena beberapa tender outsorsing yang sedang saya ajukan ke beberapa perusahaan swasta diterima oleh mereka. Padahal saya sebelumnya tak terlalu berharap bisa memenangkannya.


Nah itulah pengalaman saya saat mengamalkan dan mempercayai keajaiban sebuah doa. Jika anda juga ingin mengamalkannya, saya memiliki sedikit cara yang mungkin saja dapat membuat doa yang kita panjatkan dikabulkan OlehNya.


Pertama jika dalam berdoa, berusahalah khusyuk dan yakinkanlah diri bahwa Tuhan pasti menjawab doa tesebut dengan keajaiban yang dimilikinya. Keyakinan itu penting karena jika kita yakin, bagaimana mungkin Tuhan mau mengabulkan doa yang kita panjatkan tersebut.


Kedua berdoalah di waktu yang tepat, biasanya doa yang paling cepat dikabulkan Tuhan adalah diwaktu melaksanakan sholat tahajud. Nah karena itulah usahakanlah untuk bisa menjalankan salah satu sholat sunnah ini, setelahnya panjatkanlah doa.


Ketiga akan lebih baik berdoa itu tak sendiri, mintalah juga didoakan oleh orang-orang terdekat kita, misalnya isteri, anak, orang tua, kalau perlu bahkan para alim ulama. Dengan banyaknya yang mendoakan dan mengaminkan, tentunya kesempatan untuk dikabulkan doa tersebut juga semakin besar.


Lalu yang keempat, lengkapilah doa itu dengan usaha yang lebih giat lagi. Doa itu hanya pemulus saja untuk mencapai sebuah tujuan agar semua rintangan penghalangnya bisa kita lalui, untuk menuju sebuah tujuan itu tentunya juga perlu dilengkapi dengan kerja nyata. Kalau hanya doa saja tanpa kerja nyata, itu tentu percuma.


Terakhir yang tak kalah penting, kita harus lebih peka atas jawaban Tuhan akan doa yang kita panjatkan tersebut. Jika memang segala upaya dan doa sudah lengkap kita berikan, namun akhirnya tetap tak sesuai dengan keinginan, yakinlah bahwa Tuhan memiliki maksud lain yang lebih baik dari yang kita harapkan itu.  



Penulis: H Deddy Subiantoro - Owner Tropis Group

Facebook/Instagram - Deddy Subiantoro/dedy_sknett

Nama

Advertorial,6,Bisnis,7,Even,22,Fakta Unik,8,Gadget,66,Hai Komunitas,10,Hai Kuliner,12,Hai Lensa,1,Hai Wisata,8,Hiburan,88,Kampus,25,Politik,3,Ragam,71,Religi,4,Ruang Kita,28,Selebriti,42,Sport,36,Viral,322,
ltr
item
Hai Banjar: Usaha Tambah Lengkap Jika Ditambah Doa
Usaha Tambah Lengkap Jika Ditambah Doa
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhjjxVmRm76OT6fRx86TCved02oGkKK8Bfhvi7Zsa_oc9dn_W8ok9kcVe3-kRUqclYOiU6yWeHjKWPft60OQkVnAO6kVZWWFqGEu8z2z5Ks1r6L9DblAonfQM3LpH1EKWlWENpOFAUQd4LDDCUDk-LKRGzEyBmenY7TOrYod2BtgI6_Vx-ykpb9dqz4/w640-h418/Foto%2047.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhjjxVmRm76OT6fRx86TCved02oGkKK8Bfhvi7Zsa_oc9dn_W8ok9kcVe3-kRUqclYOiU6yWeHjKWPft60OQkVnAO6kVZWWFqGEu8z2z5Ks1r6L9DblAonfQM3LpH1EKWlWENpOFAUQd4LDDCUDk-LKRGzEyBmenY7TOrYod2BtgI6_Vx-ykpb9dqz4/s72-w640-c-h418/Foto%2047.jpg
Hai Banjar
https://www.haibanjar.com/2022/04/usaha-tambah-lengkap-jika-ditambah-doa.html
https://www.haibanjar.com/
https://www.haibanjar.com/
https://www.haibanjar.com/2022/04/usaha-tambah-lengkap-jika-ditambah-doa.html
true
8251501849936893656
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content