Banner-Hai-Banjar

Wisata Andalan Sumbar Dengan Segala Legendanya

 

ASRI: Wisata Lembah Harau di Provinsi Sumatra Barat - Foto Nett


LEMBAH Harau berada di Kabupaten Lima Puluh Kota, Provinsi Sumatera Barat. Konon lembah ini adalah lautan yang sangat luas dan diatas tebing lembah ini berdiri sebuah kerajaan yang makmur dan cukup besar. Singkat cerita, putri dari sang raja mencintai seorang pemuda dan berniat untuk menikah dengannya.


Tapi sayang, sang ayah tidak merestuinya. Alhasil putri itu pun dilema dan akhirnya mengakhiri hidupnya dengan terjun ke lautan tadi. Karena rasa bersalah, akhirnya sang ayah pun mencari jasad putrinya. Tapi sayang, hingga lautan tersebut mengering jasad putrinya tidak kunjung ditemukan.


Terlepas dari legenda tersebut, lembah yang juga disebut ngarai ini memiliki keindahan yang sangat khas. Maka dari itu, lokasi Lembah Harau pun dijadikan tempat wisata alam yang keren dan eksotis.


KEREN: Tebing tinggi yang ada di Wisata Lembah Harau - Foto Nett

Bagaimana tidak unik, di tempat wisata Lembah Harau ini kamu bisa menyaksikan mahakarya Tuhan yang luar biasa. Susunan tebing granit yang berjejer rapih membuat matamu akan terpana. Tebing-tebing ini sendiri berusia jutaan tahun, sedangkan untuk tingginya cukup beragam, dari mulai 100 meter sampai ada yang 500 meter.


SENYUM: Wisatawan lokal saat berfoto dengan latar belakang tebing tinggi - Foto Nett

Nah bagi kamu suka fotografi dan tinggal sekitaran Provinsi Sumatra Barat? Lembah yang satu ini wajib dan harus kamu jadikan objek foto kamu. Percaya tidak percaya, hampir semua sudut di objek wisata Lembah Harau ini bisa kamu jadikan sebagai objek atau hanya sekedar latar foto.


Puas dengan berfoto, disini kamu juga bisa menikmati air terjun yang cantik, yaitu air terjun aka barayun, sarasah aie luluih, sarasah bunta, sarasah murni dan juga sarasah aie angek. Bukit-bukitnya juga keren, seperti bukit air putih, bukit jambu, bukit singkarak dan juga bukit tarantang.


TINGGI: Salah satu air terjun yang bisa ditemukan di Wisata Lembah Harau - Foto Nett  


Objek wisata di Lembah Harau tersebut bisa kamu kunjungi bersama teman dan kerabat. Ada pun untuk tarif masuknya sendiri beragam, ada yang gratis dan ada juga yang berbayar. Untuk yang berbayar, pengelola umumnya mematok biaya sekitar Rp10.000 - Rp15.000 perorang. Sedangkan untuk tiket masuk ke wisata ke lembah umumnya pengelola akan mematok tarif Rp3.000 untuk anak-anak dan Rp5.000 untuk orang dewasa.


Nah ditempat ini tidak hanya menyuguhkan keindahan alamnya saja. Akan tetapi, disini kamu juga bisa melihat keanekaragaman tumbuhan dan juga hewan. Pasalnya di temat ini sendiri berdiri sebuah cagar alam yang keren dan pastinya asri banget.


Perlu kamu ketahui, cagar alam sendiri sudah ada dan diakui sejak tahun 1993. Dengan luas wilayah sekitar 270 hektar, kamu bisa mendapati Macaca fascirulatis. Macaca fascirulatis adalah kera ekor panjang yang merupakan hewan endemik Sumatera.


Karena tempat ini adalah tempat wisata unggulan, untuk fasilitas dan akomodasi sendiri dijamin lengkap. Dari mulai toilet, tempat ibadah, toko makanan, toko oleh-oleh, jalanan yang baik, penunjuk jalan yang lengkap dan masih banyak lagi. jangan lupakan juga, disini kamu bisa menaiki angkutan umum berupa Bentor atau pun ojek untuk berjalan-jalan. Satu lagi disini juga ada arena bermain panjat tebing yang sangat memantang loh.


Sedangkan untuk penginapan di Lembah Harau sangatlah mudah dijumpai. Jika kamu ingin menginap, kamu bisa memilih penginapan biasa atau pun rumah gadang yang ada di dasar lembah. Sedangkan untuk urusan harga, penginapan ini mulai dibanderol dengan harga RP50.000 - Rp 2.000.000 permalam, tergantung fasilitas dan lokasi dimana kamu menginap.


Untuk sampai ke sana, ada beberapa cara yang bisa digunakan. Jika kamu ingin menggunakan kendaraan pribadi, maka mulailah dari Kota Padang. Setelah itu, lanjutkan perjalanan menuju Kota Payakumbuh. Umumnya perjalanan yang ditempuh sekitar 3 jam lamanya. Setelah 3 jam kamu akan sampi ke Payakumbuh. Setelah sampai sana, kamu tingal lanjutkan perjalanan ke objek wisata Lembah Harau.


Tapi jika kamu ingin ke tempat tersebut dengan angkutan umum, kamu cukup naik kendaraan umum jurusan Padang – Payakumbuh. Umumnya, tarif yang harus kamu bayar adalah Rp20.000. Setelah sampai di Payakumbuh, kamu tinggal lanjutkan perjalanan ke objek wisata dengan menggunakan kendaraan umum dengan biaya sekitar Rp5.000 perorang.(nett/ar)


Nama

Advertorial,6,Bisnis,6,Even,22,Fakta Unik,8,Gadget,66,Hai Komunitas,10,Hai Kuliner,12,Hai Lensa,1,Hai Wisata,8,Hiburan,88,Kampus,24,Politik,3,Ragam,70,Religi,4,Ruang Kita,28,Selebriti,39,Sport,36,Viral,319,
ltr
item
Hai Banjar: Wisata Andalan Sumbar Dengan Segala Legendanya
Wisata Andalan Sumbar Dengan Segala Legendanya
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiE8c-EVceam62cOp8YccuygerB5R475id2WtzEPMu4rDLyxjdxsh5qElGSE4SAfMzK6_sRtBpCa_oHiIyOVmp6ZFowYNAxr27Bsouj3HtkuqAFflw5vyvo4HfePoaYkTYGQFyLfjcnO4U/w640-h360/005%25282%2529.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiE8c-EVceam62cOp8YccuygerB5R475id2WtzEPMu4rDLyxjdxsh5qElGSE4SAfMzK6_sRtBpCa_oHiIyOVmp6ZFowYNAxr27Bsouj3HtkuqAFflw5vyvo4HfePoaYkTYGQFyLfjcnO4U/s72-w640-c-h360/005%25282%2529.jpg
Hai Banjar
https://www.haibanjar.com/2016/04/wisata-andalan-sumbar-dengan-segala.html
https://www.haibanjar.com/
https://www.haibanjar.com/
https://www.haibanjar.com/2016/04/wisata-andalan-sumbar-dengan-segala.html
true
8251501849936893656
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All REKOMENDASI LABEL ARCHIVE Pencarian ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content