Banner-Hai-Banjar

Nikmati Manfaat Berlipat Dengan Sedekah

 

KOIN: Sedekah bisa memberikan manfaat berlipat kepada kita - Foto Nett


PERNAH makan burger di salah satu food cort dengan topping yang serba doble? Mulai dari keju, daging sampai sayurannya pun doble. Bagaimana rasanya? Tentu jauh lebih nikmat bukan, ujungnya kenyang pun didapat.


Nah dalam sebuah kehidupan pun demikian, kita bisa mendapatkan sebuah kenikmatan kehidupan yang doble sekaligus baik di dunia maupun akhirat dengan banyak cara. Salah satu cara yang sering saya lakukan untuk bisa mendapatkannya adalah dengan rutin menggiatkan sedekah.


Sedekah sendiri dalam kamus Bahasa Indonesia bisa diartikan adalah pemberian seorang Muslim kepada orang lain secara sukarela dan ikhlas tanpa dibatasi oleh waktu dan jumlah tertentu.


Sedekah dalam Agama yang saya anut, yakni Islam, jika diamalkan sangatlah besar manfaatnya bagi manusia baik di dunia maupun di akhirat. Bahkan beberapa ayat di Kitab Suci Al Qur'an menyebut betapa wajib, penting dan bermanfaatnya sedekah bagi manusia saat menjalani kehidupan mereka di dunia.


Bagi saya pribadi, sedekah punya dua manfaat sekaligus. Pertama bisa memberikan manfaat yang positif bagi orang ataupun lembaga yang kita berikan sedekah. Misalnya dengan memberi sedekah pada orang lain tekhusus fakir miskin, kita bisa membantu fakir miskin tersebut menjalani kehidupan mereka sehari-hari. Lalu untuk lembaga dengan memberikan sedekah, kita bisa turut serta membantu mensukseskan berbagai program mereka untuk kemaslahatan umat.


Lalu manfaat bagi diri pribadi, sesuai dengan jaminan yang ada di Kitab Suci Al Qur'an. Dengan bersedekah maka tentunya kita akan di bayar oleh Tuhan dengan rezeki yang berlipat, bahkan dari tempat yang disangka-sangka. Rezeki yang diberikan pun bermacam-macam, mulai dalam bentuk materi, kesehatan bahkan juga dihindarkan dari berbagai musibah yang mengancam keselamatan diri maupun keluarga.


Bukan hanya itu saja, menjadikan sedekah sebuah kebiasaan juga bisa menyelematkan kita di akhirat kelak. Karena setiap sedekah yang kita lakukan, baik itu sembunyi-bunyi hingga terang-terang, tetaplah dicatat sebagai sebuah pahala.


Nah bagaimana, sama sekali tidak ada ruginya kan bersedekah ini? Jadi kawan segeralah bersedekah selagi kita masih diberikan nafas kehidupan di dunia.


Dalam bersedekah bisa dimulai dengan kebiasaan yang relatif ringan saja, tak perlu juga harus jor-joran, biasakan lah diri terlebih dahulu dengan hal-hal yang sifatnya kecil. Misalnya seperti cara teman saya yang membiasakan sedekah dengan tak mengambil uang kembalian dengan jumlah kecil pada para pedagang asongan. Atau bisa juga dengan dengan cara menyisihkan setiap penghasilan harian yang didapat sedikit demi sedikit untuk ditabung terlebih dahulu untuk disedekahkan kemudian. Cara ini juga bisa dipakai agar kita merasa tak kebanyakan saat memberikan sedekah pada orang lain.


Kemudian saat kita bersedekah tafsirkan lah makna sedekah ini dalam arti yang jauh lebih luas, tak sempit hanya sebagai sarana untuk membantu orang lain, namun lebih kepada investasi di kehidupan yang akan datang, yakni akhirat. Nah ndengan cara ini tentunya kita jauh lebih ikhlas mengeluarkan sebagaian pendapatan kita untuk disedekahkan.


Lalu yang tak kalah penting, mulai lah bersedekah dalam lingkup yang lebih kecil, tak perlu harus jauh-jauh. Mulai lah dari keluarga terdekat, tetangga atau bahkan teman yang membutuhkan. Dengan memberikan manfaat sedekah bagi orang sekitar kita, tentunya kita akan mendapatkan efek balik yang positif bagi kehidupan kita.


Jadi sudahkah Anda bersedekah hari ini kawan? Kalau belum, mulailah...
















Penulis: H Deddy Subiantoro - Owner Tropis Group

Facebook/Instagram - Deddy Subiantoro/dedy_sknett

Nama

Advertorial,6,Bisnis,7,Even,22,Fakta Unik,8,Gadget,66,Hai Komunitas,10,Hai Kuliner,12,Hai Lensa,1,Hai Wisata,8,Hiburan,88,Kampus,25,Politik,3,Ragam,71,Religi,4,Ruang Kita,28,Selebriti,42,Sport,36,Viral,322,
ltr
item
Hai Banjar: Nikmati Manfaat Berlipat Dengan Sedekah
Nikmati Manfaat Berlipat Dengan Sedekah
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiOZOCqAFvqeLcPHEhaufIl6kQMUX1VSOGIn_XJiPWM9g0YMlHhoQ-BTLJajKqO8tYBCmKxMpfV1D_Mk8OTJLXJoQhPodca2UOjV2IQufsZt-dXdLkpke9W_XcHEO2Fpl8Hl-sb7yLdZ47bSK0VUyfk0RyT0RwDDnleQkSHsRlthmG870_rbWKo3R8q/w640-h362/Foto%2026.jpeg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiOZOCqAFvqeLcPHEhaufIl6kQMUX1VSOGIn_XJiPWM9g0YMlHhoQ-BTLJajKqO8tYBCmKxMpfV1D_Mk8OTJLXJoQhPodca2UOjV2IQufsZt-dXdLkpke9W_XcHEO2Fpl8Hl-sb7yLdZ47bSK0VUyfk0RyT0RwDDnleQkSHsRlthmG870_rbWKo3R8q/s72-w640-c-h362/Foto%2026.jpeg
Hai Banjar
https://www.haibanjar.com/2022/08/nikmati-manfaat-berlipat-dengan-sedekah.html
https://www.haibanjar.com/
https://www.haibanjar.com/
https://www.haibanjar.com/2022/08/nikmati-manfaat-berlipat-dengan-sedekah.html
true
8251501849936893656
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All REKOMENDASI LABEL ARCHIVE Pencarian ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content